1.
Judul
Penelitian
Penelitian
kuantitatif ini saya beri judul “Persepsi mahasiswa terhadap kinerja pelayanan
Beasiswa Perusahaan Gas Negara (PGN)”
2.
Latar
Belakang
Persepsi pada hakikatnya adalah
proses kognitif yang dialami oleh setiap orang di dalam memahami informasi
tentang lingkungannya, baik lewat penglihatan, pendengaran, penghayatan, perasaan, dan penciuman. Kunci
untuk memahami persepsi adalah terletak pada pengenalan bahwa persepsi itu
merupakan suatu penafsiran yang unik terhadap situasi, dan bukannya suatu
pencatatan yang benar terhadap situasi.
Persepsi sosial berhubungan secara langsung dengan bagaimana seorang
individu melihat dan memahami orang lain.
Termasuk persepsi
seseorang terhadap kinerja sebuah pelayanan publik. Pelayanan publik diharapkan
lebih berorientasi pada kepuasan pelanggan, yakni masyarakat dan pengguna jasa.
Demikian juga dengan tuntutan masyarakat terhadap pelayanan di bidang
pendidikan. Salah satunya adalah pelayanan
Beasiswa kepada para mahasiswa, khususnya beasiswa PGN. Kinerja
pelayanan Beasiswa seharusnya berorientasi pada undang-undang yang diberlakukan
pada beasiswa tersebut. Sehingga pelaksanaan suatu beasiswa dapat disalurkan
kepada mahasiswa yang tepat sesuai dengan kompetensi yang ada dalam aturan
beasiswa PGN, tanpa adanya oknum-oknum yang menyalahgunakan beasiswa tersebut
demi kepentingan pribadi. Hal inilah yang kemudian melatarbelakangi saya untuk
melakukan penelitian tentang persepsi mahasiswa terhadap kinerja pelayanan
beasiswa PGN di lingkungan kampus UNTIRTA.
3.
Identifikasi
Masalah
Identifikasi
masalah adalah pengenalan masalah atau inventarisir masalah. Masalah penelitian
bisa didefinisikan sebagai pernyataan yang mempermasalahkan suatu variabel atau
hubungan antara variabel pada suatu fenomena. Masalah dari fenomena yang saya
teliti ini adalah :
1) Apakah kinerja pelayanan beasiswa Perusahaan Gas
Negara (PGN) sudah maksimal atau belum
2) Apakah beasiswa PGN tersebut sudah benar-benar
disalurkan dengan tepat atau tidak
4.
Batasan
Masalah
Batasan
masalah adalah ruang lingkup masalah atau membatasi ruang lingkup masalah yang
terlalu luas / lebar sehingga penelitian lebih bisa fokus untuk dilakukan.
Penelitian ini hanya pada lingkup Kinerja Pelayanan beasiswa PGN di UNTIRTA.
5.
Rumusan
Masalah
Rumusan
masalah adalah pertanyaan penelitian, yang umumnya disusun dalam bentuk kalimat
tanya. Rumusan masalah penelitian yang saya lakukan adalah
1) Bagaimanakah kualitas kinerja pelayanan beasiswa PGN
di UNTIRTA?
6.
Tujuan
Penelitian
a) Untuk
mengetahui mengetahui kualitas kinerja pelayanan beasiswa PGN di UNTIRTA
b) Untuk
mengetahui apakah penyaluran beasiswa PGN di UNTIRTA sudah tepat atau tidak
c) Memenuhi
tugas MPS Kualitatif
7.
Manfaat
Penelitian
a) Akademik
-
Untuk memberi pengetahuan baru bagi para
mahasiswa. Sekaligus menambah perbendaharaan data bagi kampus UNTIRTA
-
Menambah wawasan peneliti terhadap
masalah yang di teliti
-
Sebagai salah satu pemikiran dan
penggambaran aplikasi pelayanan beasiswa PGN di UNTIRTA
b) Praktis
-
Untuk memberikan suatu tambahan
informasi dan gambaran tentang kinerja pelayanan beasiswa PGN di UNTIRTA
-
Menjadi salah satu bahan atau rujukan
bagi penelitian sejenis khususnya di lingkungan mahasiswa di masa depan.
-
Hasil penelitian ini di harapkan dapat
bergua sebagai bahan masukan dan referensi bagi para mahasiswa
8.
Rancangan
Penelitian
Rancangan penelitian ini terdiri dari
satu variable. Menurut Y.W Best yang disebut variabel penelitian adalah
kondisi-kondisi atau serenteristik-serenteristik yang oleh peneliti
dimanupulasikan. Variable penelitian ini adalah X = kualitas kinerja pelayanan
beasiswa PGN
9.
Populasi
Populasi
adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas obyek/subyek yang mempunyai
kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti. Populasi
dari penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa FISIP UNTIRTA yang telah
mengajukan beasiswa PGN. Yaitu berjumlah 152 orang.
10. Sample
Sampel adalah bagian dari jumlah dan
karakteristik yang dimiliki oleh populasi tertentu. Karena populasi penelitian
ini hanya berjumlah 152 orang maka sample penelitian diambil seluruhnya dari
populasi tersebut yaitu berjumlah 152 orang. Dengan menggunakan teknik acak
sederhana.
11. Teknik Pengumpulan Data
Tehnik pengumpulan data penelitian ini
adalah dengan cara Observasi atau pengamatan kegiatan adalah setiap
kegiatan untuk melakukan pengukuran, pengamatan dengan menggunakan indera
penglihatan yang berarti tidak mengjukan pertanyaan-pertanyaan.
12. Hipotesis
Hipotesis merupakan dugaan sementara
peneliti tentang nilai suatu variabel mandiri. Hipotesis penelitian ini adalah
“Kualitas kinerja pelayanan beasiswa perusahaan gas negara (PGN) kurang lebih
40%”
13. Landasan Teori
Penelitian ini bertitik tolak dari teori
kinerja pelayanan menurut Valerie A.Zeithaml, A.Parasuraman, dan Leolard
L.Berry. Teori ini berisikan instrument pengukuran kinerja pelayanan yaitu
ketampakan fisik, keandalan, daya tanggap, kompetensi, kesopanan, kredibilitas,
keamanan, akses, komunikasi dan pengertian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar